DETEKSI DINI KEKERASAN DAN PERLAKUAN SALAH


Gejala-gejala kekerasan seksual pada anak sangat traumatis, sehingga orang tua perlu waspada dengan melakukan deteksi dini kekerasan tersebut. Deteksi dini terhadap kekerasan seksual, dapat dipelajari dengan melihat sikap dan perilaku korban. Menurut Frederick Anderman dan E va Andermann di bukunya Movement Disorders in Neurology and Neuropsychiatri 1992, disampaikan oleh Nunki, bahwa korban yang mengalami serangan seksual secara mendadak atau diluar kehendaknya dapat menunjukan bahasa tubuh yang sangat jelas dan mudah di deteksi. Refleks kecemasan (startle reflex) sebagai respons akibat serangan mendadak tak terduga dan tak dikehendaki yang membuat fisik, jiwa dan emosional korban terancam”.
1.      Gerakan berlebihan tak wajar, antara lain:
             a.       Kedua bahu terangkat sehingga menutupi leher
             b.      Kepala tertunduk ke dalam
             c.       Kedua tangan dan kedua kaki menyimpul erat
             d.      Lutut tertekuk ke dalam
             e.       Tubuh menekuk
             f.       Mata berkedip kedip
             g.      Wajah pucat pasi dan lain-lainnya.
2.      Gejala fisik terjadinya kekerasan seksual:
             a.       Sakit jika memakai celana dalam, dan mengeluh kesulitan atau kesakitan saat BAB dan BAK
             b.      Cedera pada buah dada, bokong, perut bagian bawah, paha,
             c.      sekitar alat kelamin atau dubur.
             d.       Memar di bagian tubuh atau gigi yang cedera atau tanggal saat pelaku menyergap dan                          memaksa korban merapat di dinding dan korban melawan (David Givens seorang peneliti                    bahasa tubuh).
             e.      Rasa panas dan nyeri di area genital dan terasa sakit jika disentuh.
             f.       Cara jalan yang tak wajar, agak mengangkang.
             g.       Ditemukan bekas bercak darah atau cairan di celana dalam anak, dan kemungkinan                             ditemukan bagian pakaian yang robek atau kancing yang lepas karena ditarik paksa.
             h.      Cekalan dan cengkeraman erat tangan pelaku sehingga kuku menembus ke kulit pada lengan                anak untuk mencegah anak meronta biasanya meninggalkan bekas di lengan bagian dalam                  (Joe Navarro seorang agen FBI spesialis komunikasi nonverbal).
3.      Gejala Psikis pada umumnya:  
             a.       Anak berubah ekspresi: pendiam, cemas, takut bertemu orang sehingga lebih banyak                            mengurung diri di kamar, takut ditinggalkan sendirian.
             b.      Anak yang semula tidak mengompol menjadi mengompol baik di malam hari maupun saat                  disekolahnya. 
             c.    Menunjukkan keluhan-keluhan fisik yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya, seperti                          pusing, sakit perut, atau masalah makan.
             d.       Sulit tidur dan bermimpi buruk diikuti mengigau.
             e.      Sulit konsentrasi, sehingga sulit belajar dan gelisah, sehingga tidak mampu menyelesaikan                  tugasnya.
             f.       Perilaku kemunduran seperti: mengisap ibu jari, kemunduran kemampuan bicara.
             g.       Pada saat pelaku bertemu pelaku, secara refleks anak menjauhkan bagian depan tubuhnya                   atau menekuk tubuhnya diikuti kedua bahu menaik. Ini adalah gerak refleks yang tersimpan                 di sistem limbik di otak untuk menjaga tubuh dari serangan berikutnya dari orang-orang                       yang punya riwayat menyerang anak.
4.      Gejala psikhis pada anak usia 13-18 tahun
             a.       Merusak diri sendiri, remaja dapat melakukan tindakan yang merusak diri sendiri sebagai                    cara mengatasi rasa marah dan depresi.
             b.      Melakukan perbuatan berisiko tinggi seperti berontak terhadap orang-orang yang                                 mempunyai wibawa, terlibat dalam penyalahgunakan NAPZA, bergabung dengan para                         pencuri dan menjarah.           
             c.     Depresif, Sebaliknya dapat juga terjadi sikap menutup atau menarik diri, curiga terhadap                     orang lain dan berpikir bahwa hal buruk akan menimpa mereka lagi.
             d.      Keluhan fisik yang tidak jelas penyebabnya, kecemasan yang terus menerus serta                                 kegugupan dan keluhan fisik yang tidak jelas.
             e       penyebabnya juga cukup umum terjadi pada kelompok usia ini.
      Apa yang harus dilakukan oleh orangtua/pengasuh? Jika menemukan kondisi/gejala-gejala seperti tersebut di atas, maka sebagai orangtua harus waspada, dan berikan dukungan:
            a.       Peluklah mereka erat-erat bahwa Anda sangat menyayangi mereka.
            b.      Sampaikan bahwa tidak ada satau orangpun yang boleh menyakiti mereka, dan apapun yang                 terjadi, akan tetap memberikan perlindungan.
           c.       Jadilah pendengar aktif tentang cerita dan pendapatnya d. Mintalah pertolongan ahli (bawa ke              Rumah Sakit RSCM atau RS-Polri)
           d.      Laporkan ke polisi

Literatur
1.      Suyanto Bagong, Masalah Sosial Anak, Kencana Prenada Media Group, 2013, Jakarta.
2.    Wyckoff J edery, Unell Barbara C, Disiplin Tanpa Kekersan atau Pukulan, Penyelesaian  Praktis Untuk Masalah PerilakuAnak-anak Usia Pra Sekolah Modul Kekerasan Anak, Suhadi, Unicef, 2013.
3.      Psikologi Perkembangan, Hurlock
4.   http://umum-pengertian.blogspot.co.id/2016/01/pengertian-hakasasi-manusia-ham-umum.html
5.      http://dampakkekerasanterhadapanak.blogspot.com/
6.      Materi Prof. Irwanto, Universitas Atmajaya, J akarta, 2014.
7.      UNICEF Fact Sheet
8.      http://tipswanitacepathamil.com/mencegah-pelecehan-seksualpadaanak.html
9.      https://pixabay.com/en/boy-girl-hand-in-hand-kids-school-160168

LINK download klik DISINI BRO

Comments

Post a Comment

Artikel Lainnya:

PERANAN PEKERJA SOSIAL

TERMINASI

PRAKTEK PEKERJAAN SOSIAL BIDANG PENDIDIKAN

PENGERTIAN ANAK DARI BERBAGAI PERSPEKTIF

Total Pageviews

Followers