Sejarah Pekerjaan Sosial Di Bidang Medis



Sejarah Pekerjaan Sosial Medis
            Pada awalnya istilah pekerja sosial yang kita kenal saat ini, merupakan wujud perkembangan zaman dan ilmu pengbetahuan dari istilah Almoner. Almoner merupakan relawan yang bekerja di rumah sakit yang peduli terhadap pasien-pasien yang berada di rumah sakit, Para Almoner ini memberikan pelayanan sosial kepada pasien utamanya dalam bantuan yang bersifat sosial. Lambat laun, Almoner ini dirasa perlu memiliki pendidikan keterampilan khusus yang berkaitan dengan pendekatan dan teknik untuk memahami secara menyeluruh permasalahan pasien sampai pada tindakan yang diperlkukan untuk memberi pertolongan kepada pasien dan keluarganya.
·        Amerika Serikat
Dimulai dari Tahun 1780 di Amerika Serikat, mulai mengembangkan keterampilan dan teknik Almoner dengan cara diberlakukannya pendidikan bagi setiap orang yang berminat memberikan pelayanan sosial dan bantuan bagi para pasien dirumah sakit. Karena pendidikan formal terhdap para almoner, maka mulai lah almoner ini kemudian berganti nama menjadi “case worker” pelayanan yang diberikan pun tidak hanya sebatas tembok rumah sakit tetapi juga diluar rumah sakit yang pada saat itu banyak berfokuis pada permasalhan kemiskinan.
Profesi case worker kemudian berganti nama menjadi profesi social worker (Pekerja Sosial), perkembangan ilmu pengetahuan yang tidak hanya dalam lingkup rumah sakit, maupun permasalahan kemiskinan saja, tetapi semua yang berhubganan dengan kehidupan manusia (sosial) turut andil dalam perubahan nama tersebut.
Tahun 1890, penggunaan Pekerja Sosial Medis pertama kali dipelopori oleh rumah sakit swasta, kemudian rumah sakit pemerntah menyusul. 5 Tahun kemudian, barulah seorang pekerja sosial dari The London Charity Organization Society telah ditempatkan pada The Royal Free Hospital. Sementara di Amerika Serikat, Pekerja Sosial yang bernama Ida Cannon yang pada awalnya bekerja sebagai visiting nurse didaerah kumuh sepanjang sungai misissipi di St. Paul, Minnesota mendapatkan Inspirasi dari Jane Addams yang kemudian dikenal sebagai mother of moder social work (Ibu pekerja sosial modern), Jane Addams adalah pekerja sosial pada setting perumahan, akhirnya Ida Cannon mau belajar ke Boston School of social work
Ida Cannon yang telah malanjutkan pendidikan di Boston School of Social Work bertemu dengan Dr. Richad Cabot, seorang dokter yang tertarik dengan keterkaitan antara penyakit dengan kemiskinan. Dr. Richad Cabot percaya bahwa pendekatan secara emotional kepada klien mampu meningkatkan efisiensi penyembuhan bagi pasien, oleh karena itu Dr. Richad Cabot kemudian mempekerjakan Ida cannon dan menjadi pekerja sosial medis dirumah sakit umum Massachussets. Hal terjadi pada tahun 1905. Sejak saat itu perkembangan pekerja sosial medis mengalami kemajuan yang pesat sampai akhirnya mendapat pengakuan oleh Asosiasi Rumah Sakit Amerika (The American Hospital Association) dan WHO (World Health Organization.)
Nah, barulah setelah Perang Dunia I, para peksos medis mulai dipercayai banyak tugas. Pada waktu itu, seorang peksos medis Dr. Henry Richardson mengatakan bahwa,”Peksos medis mempunyai tujuan jangka pendek menghilangkan tekanan-tekanan dari dalam maupun dari luar pasien.  Tujuan akhirnya adalah membantu pasien menggunakan kemampuan-kemampuannya untuk mencari dan mempergunakan perawatan medis untuk mencegah terjadinya komplikasi-komplikasi lebih lanjut, dan untuk mempertahankan kesehatannya”. (Soetarso dalam Mary Johnston, 1989)

Beberapa tahun selanjutnya, seorang tokoh peksos medis dari Amerika Serikat Miss Eleanor Cockerill mengatakan bahwa,”Fokus dari peranan seorang peksos medis adalah pada faktor-faktor sosial yang menyebabkan pasien menjadi sakit, masalah-masalah sosial yang ditimbulkan oleh penyakitnya, dan juga hambatan-hambatan yang mungkin mengurangi kemampuannya untuk mempergunakan apa yang diberikan oleh ilmu kedokteran”. (Soetarso dalam Mary Johnston, 1989)
Ada pendapat lain lagi, yakni dari Minna Field, seorang tokoh peksos medis, mengatakan bahwa berdasarkan pengalamannya dengan penderita penyakit kronis, ia menganggap bahwa tugas seorang peksos medis tidak bisa dibatasi dengan tembok rumah sakit. Dia menekankan bahwa usaha sosial tidak bisa dipisahkan dari keseluruhan usaha pengobatan dan pentingnya antara hubungan pasien dengan keluarga beserta masyarakat.
Pada fase awal permulaan praktek masalah yang paling perlu untuk diperhatikan adalah maslaah ekonomi, hal ini kemudian menjadi fokus pekerja sosial medis
·        Inggris dan Irlandia
Pekerja sosial medis di Inggris dan Irlandia sebelumnya dikenal sebagai Almoners, atau Rumah Sakit Almoners . Di Irlandia, asal-usul pekerja sosial medis kembali ke Dr Ella Webb, yang pada tahun 1918 , didirikan sebuah klinik untuk anak-anak yang sakit di Rumah Sakit Adelaide di Dublin  dan Winifred Alcock  yang dilatih sebagai seorang Almoner dan bekerja dengan Dr Webb di apoteknya.
Pada tahun 1945, Institut Almoners di Inggris yang dibentuk pada tahun 1964, berganti nama menjadi Institut Pekerja Sosial Medis . Lembaga ini adalah salah satu organisasi pendiri British Asosiasi Pekerja Sosial  yang dibentuk pada tahun 1970 . Di Inggris, pekerja sosial medis dialihkan dari National Health Service ( NHS ) ke pemerintah daerah Pelayanan Sosial Departemen pada tahun 1974 , dan umumnya dikenal sebagai pekerja sosial rumah sakit .
Tokoh-tokoh yang kemudian menambah eksistensi pekerja sosial medis, diantaranya adalah :
            Henry Richardson, Pekerja Sosial Medis mempunyai tujuan jangka pendek menghilangkan tekanan-tekanan baik dari dalam maupun dari luar diri pasien. Dimana  Tujuan akhir membantu pasien menggunakan kemampuan-kemampuannya untuk mencari dan mempergunakan perawatan medis, untuk mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut untuk mempertahankan kesehatannya.
            Eleanor Cockerill, fokus dari peranan peksos medis ialah pada faktor-faktor sosial yang menyebabkan pasien menjadi sakit, masalah-masalah sosial yang ditimbulkan oleh penyakitnya, dan juga hambatan-hambatan yg mungkin mengurangi kemampuannya untuk menggunakan pelayanan medis.
            Minna Field, tugas peksos medis tidak hanya dibatasi oleh tembok rumah sakit, usaha penyembuhan berkaitan dgn keseluruhan usaha pengobatan dan pentingnya hubungan pasien dengan keluarga beserta masyarakat.



Kenapa peksos medis berubah nama menjadi peksos di bidang kesehatan?
            Karena Sebagai dampak postif eksistensi pekerja sosial dan seiring munculnya fungsi dan peranan profesi pekerja sosial di rumah sakit, dalam penanganan terhadap permsalahan sosial emosional berkaitan dengan sakit dan pengobatan pasien kemudian dinamakan sebagai pekerja sosial medis (Medical Social Worker). Perkembangan pengetahuan dalam bidang pekerja sosial dan pelayanan kesehatan dinegara-negara maju penamaan pekerja sosial medis (Medical Social Worker) dianggap tidak relevan lagi karena lebih berfokus kepada duni medis, maka muncullah istilah penaam baru yakni Social Work in Health Care(Pekerjaan sosial di bidang pemeliharaan kesehatan).

Comments

Artikel Lainnya:

PERANAN PEKERJA SOSIAL

TERMINASI

PRAKTEK PEKERJAAN SOSIAL BIDANG PENDIDIKAN

PENGERTIAN ANAK DARI BERBAGAI PERSPEKTIF

Total Pageviews

Followers